90 Tahun HKI Tarutung Kota, Ephorus Firman Sibarani Dukung Perjuangan Nikson Nababan untuk Pendirian Untara

Ephorus Pdt Firman Sibarani MTh dalam bagian sambutannya pada Perayaan HUT ke 90 HKI Tarutung Kota menyebutkan mendukung perjuangan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi untuk mewujudkan pendirian universitas negeri umum di Tapanuli Raya atau Untara.

topmetro,news – Ephorus Pdt Firman Sibarani MTh dalam bagian sambutannya pada Perayaan HUT ke 90 HKI Tarutung Kota menyebutkan mendukung perjuangan Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi untuk mewujudkan pendirian universitas negeri umum di Tapanuli Raya atau Untara.

Di hadapan ribuan warga jemaat HKI Tarutung Kota, puluhan pendeta dan Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat SH, Ephorus mengapresiasi gagasan dan perjuangan Nikson Nababan itu.

“Saya sepakat dengan Amang Bupati tentang pentingnya universitas negeri umum di Tapanuli Raya,” ujar Ephorus dan menyampaikan, sesuai harapan Bupati Nikson Nababan Ephorus sebagai peserta pertemuan gerejawi UEM (United Evangelical Mission) ia akan menyuarakan harapan Bupati itu.

Ephorus HKI Firman Sibarani juga menyampaikan terima kasih kepada Nikson Nababan yang hadir pada acara perayaan itu. Ia berharap Nikson Nababan dan istri diberkati Tuhan dalam memimpin pembangunan serta diberi kebijaksanaan dan kesehatan.

“Dipasu-pasuTuhan ma Amang dinamangkobasi pembangunan di Tapanuli Utara. Songoni nang Wakil Bupati Amang Sarlandy Hutabarat,” sebutnya.

Pemilu

Menyongsong Pemilihan Umum 2014, Ephorus meminta seluruh warga jemaat HKI datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya. “Pucuk Pimpinan HKI akan menerbitkan seruan agar seluruh warga jemaat yang berhak memilih dan ke TPS masing masing,” ujar Ephorus.

Sebelumnya Ephorus juga menyampaikan selamat kepada seluruh warga jemaat HKI Tarutung Kota yang merayakan HUT ke 90 dan mengapresiasi panitia penyelenggara yang mengemas acara dengan baik.

Selain Ephorus, hadir pada perayaan itu Sekjen HKI Pdt Hotman Hutasoit MTh, Praeses HKI Daerah II Silindung Pangaribuan Pdt Sunggul Manik STh MSi. Pendeta Resort Khusus HKI Tarutung Kota Pdt Harianto Harianja MMin, Pdt Jepri Samosir STh, serta para pendeta yang pernah melayani di gereja itu.

Harapan Bupati

Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi hadir bersama Ketua TP PKK Satika Simamora SE MM dan sejumlah pimpinan OPD. Bupati menyampaikan bahwa kepemimpinannya akan berakhir pada tahun ini.

Dikatakan, desa-desa di daerah itu sudah dimerdekakan dari keterpencilan dan ketiadaan listrik. Dalam sembilan tahun kepemimpinannya, masih banyak hal yang perlu dibenahi. Oleh sebab itu Bupati mohon doa dan dukungan warga jemaat HKI agar diberi Tuhan kesempatan dan peluang kepadanya untuk berkontribusi ke Tapanuli Utara melalui lembaga lain.

Kepada Ephorus HKI Bupati berharap agar berkenan meyakinkan dan mengajak para pimpinan nominasi gereja memperjuangkan universitas negeri umum di kawasan Tapanuli Raya.

Dikatakan, dengan berdirinya universitas negeri di Tapanuli, akan ada dampak domino terhadap pertumbuhan ekonomi. “Kami sangat berharap Amang Ephorus dapat mengajak para pendeta untuk mendukung pendirian universitas negeri umum di Tapanuli. Mohonlah perjuangan ini dibawa di forum pertemuan UEM yang akan di selenggarakan 19 April 2023 di Pearaja Tarutung. Nanti kita sama bertemu Bapak Presiden,” sebut Nikson Nababan.

Pada kesempatan itu Bupati menyerahkan bantuan kepada Panitia HUT sebesar Rp20 juta. Jumlah itu bertambah melalui lelang dan kumpulan dana saat Bupati melantunkan lagu.

Nama Tuhan

Acara kebaktian ‘inculturasi’ Budaya Batak diiringi alat musik tradisional Gondang Sabangunan dengan rangkaian tonggo-tonggo (pujian kepada Tuhan).

Gondang Sabangunan yang biasa digunakan untuk acara Adat Batak menjadi alat pujian kepada Tuhan dalam kebaktian itu menyahuti liturgi puitis Bahasa Batak yang dibacakan delapan orang pendeta secara bergantian, masing masing Praeses Pdt. Sunggul Manik STh MSi, Pdt Harianto Harianja MMin, Pdt Karmen Simorangkir STh, Pdt Poltak Pakpahan STh, Pdt Edwin Simanullang, Pdt Naomi Simarmata MTh, Pdt H Hasibuan, dan Pdt Bahara Sihombing STh MSi.

Dalam kotbahnya yang berangkat dari Nats Hesekiel 36:22-27, Ephorus mengingatkan warga jemaat HKI agar tetap mengandalkan nama Tuhan Jesus di dalam berbagai perkara.

“Orang yang percaya dan mengandalkan nama Jesus sebagai Tuhan sudah beroleh keselamatan termasuk warga Jemaat HKI terutama yang hadir saat ini,” sebutnya dan menerangkan bahwa malaikat di padang kepada gembala bersaksi bahwa Jesus adalah Tuhan.

Meriah

Perayaan HUT ke 90 HKI Tarutung Kota Minggu (16/4/2023), di Jalan Dr Ferdinand Lumbantobing Tarutung berlangsung meriah. Sekira dua ribuan warga jemaat hadir dan tetap semangat mengikuti acara hingga pukul 17.50 WIB.

Diawali kebaktian dengan tema, ‘Pujilah Tuhan hai jiwaku, dan jangan lupakan kebaikanNya’ (Mazmur 103:2), warga jemaat khusuk beribadah.

Satika Simamora

Ketua Tim Penggerak PKK Taput Satika Simamora SE MM yang hadir bersama Bupati pada acara itu membuat suasana semakin meriah. Seperti biasa, setiap bertemu dengan massa, Satika selalu disambut dengan meriah. Kalangan pelajar akan mendapat buku, coklat produk dan lansia mendapat susu.
Puluhan kaum ibu muda dan lansia menari mengikuti irama lagu yang dibawakan vocalis Tiur Sinaga.

Acara juga diselang-selingi pemberian piagam penghargaan kepada para Pendiri HKI Tarutung Kota dan para pelayan (sintua dan vorganger) serta hadiah kepada juara-juara perlombaan.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment